LangitMusik : Cara Asyik Nikmati Musik

Di mana kata-kata gagal, musik berbicara ~ Hans Christian Andersen.

Pernah membaca kutipan di atas? Belum? Saya juga baru kali ini membacanya dan langsung terpikat. Kalimat indah itu diucapkan oleh seorang penulis kenamaan yang menghasilkan banyak karya terutama dongeng anak-anak semacam Thumbelina, Itik Buruk Rupa, dan The Little Mermaid. Benar sekali, ada kalanya ketika kata-kata gagal menyampaikan maksud di dalam hati, sebuah lagu (yang berisi rangkaian musik dan lirik) bisa menjadi wakil yang baik.

Saya pribadi berkali-kali menemukan lagu yang seakan menceritakan salah satu bagian hidup saya. Lirik-lirik di dalam lagu-lagu tersebut begitu personal. Biduannya seolah sedang menjeritkan suara hati saya. Terdengar lebay, yah? Bisa jadi. Tapi kalau kalian menemukan sebuah lagu yang ‘gue banget’, pasti kalian akan setuju dengan pendapat saya.

Ada tiga lagu yang saya ingat sekali dan terasa amat personal. If You’re Not The One dari Daniel Bedingfield, Don’t You Remember oleh Adele, dan Bunda (Muara Kasih) yang disuarakan Erie Suzan. Karena dari awal sudah saya katakan bahwa ini ‘personal’, tentu saya tak akan cerita ada kisah apa di balik lagu-lagu itu. *kepedean bakal ada yang nanya*

Balik lagi.

Selera musik saya sejauh ini sangat beragam. Dari dangdut sampai rock, bossanova ke world music, pop sampai keroncong semua saya lahap. Telinga saya hanya menetapkan batasan sebagai berikut : bukan musik yang terlalu ‘cadas’ macam trash metal atau hardcore yang bahkan tak bisa saya pahami vokalisnya meneriakkan apa dan bukan seriosa. Kalau untuk seriosa, saya juga nggak terlalu paham kenapa bisa nggak suka. Biarlah itu menjadi misteri hidup saya. *halah, lebay lagi!

Dulu cara saya mendapatkan aneka lagu-lagu kesukaan ada beragam : menduplikat dari komputer tetangga, dari warnet atau kios ponsel, membeli mp3 atau beli vcd dan mengekstrak videonya ke dalam format  lagu. Seiring perkembangan zaman *halah* cara mendapatkan lagu tentu dengan mengunduh dari internet. Asyik juga, dengan sekali unduh satu folder, belasan lagu dari album terbaru penyanyi kesayangan sudah tersimpan di komputer atau handphone. Bisa didengarkan kapan saja.

Lama-lama saya paham bahwa mengunduh dengan cara seperti ini termasuk ilegal. Sama saja dengan mematikan mata pencaharian para artis secara perlahan karena atas setiap keping CD, DVD musik yang dihasilkan dikenai Pajak Pertambahan Nilai oleh negara. Dengan mengunduh bebas (tanpa bayar) dari internet, otomatis pengunduhnya nggak dikenai PPN. Akibatnya pendapatan negara pun tergerus dari sektor industri musik. Pendapatan artis musik kesayangan juga bakal berkurang jauh. Ntar kalau dia nggak mau berkarya lagi, gimana?

Jadi cara menikmati karya musik yang benar –salah satunya- adalah dengan mendapatkan secara legal. Kalau nggak mau repot-repot keluar rumah, cukup dengan smartphone kita sudah bisa dapatin lagu yang kita mau. Karena sekarang ada aplikasi keren bernama LangitMusik. Apa itu LangitMusik? LangitMusik adalah layanan terbaru dari Telkomsel yang bekerjasama dengan PT.MelOn Indonesia yang menawarkan cara baru download dan streaming lagu  secara legal dan tanpa batas melalui website, WAP, Mobile application (Android dan Blackberry) serta aplikasi Desktop. Dengan mengaktifkan LangitMusik Pelanggan bisa bebas mendownload dan streaming seluruh lagu di katalog LangitMusik dengan koleksi lebih dari 2.000.000 lagu lokal dan internasional. Dua juta lagu? Wuihh, keren!

Kamu tertarik ingin tahu lebih jauh tentang LangitMusik? Sini saya kasih bocorannya.

Pertama, kamu harus jadi pelanggan Telkomsel (Kartu As, Simpati, dan Halo). Nggak bisa provider yang lain? Ya nggak dong. Aplikasi ini kan layanan terbaru dari Telkomsel, jadi ya harus pakai salah satu dari 3 kartu seluler di atas.

Kedua, harus punya smartphone yang bisa buat unduh aplikasi LangitMusik. Nggak perlu yang canggih-canggih amat. Asalkan bisa buka PlayStore (untuk pengguna Android) atau appstore (untuk pengguna Blackberry dan iOs) sudah cukuplah.

Ketiga, unduh deh aplikasi LangitMusik seperti dalam gambar berikut.

Screenshot_2015-07-07-10-07-27

Keempat, klik ‘Daftar’. Setelah terdaftar, nantinya kamu tinggal pilih menu ‘login’ untuk menggunakan aplikasi ini.

Screenshot_2015-07-07-10-27-57

Kelima, registrasi sesuai kebutuhan.

Screenshot_2015-07-07-10-28-04

Ada empat pilihan registrasi :

  1. LangitMusik Basic, gratis mendengarkan lagu 60 detik pertama;
  2. LangitMusik Free Trial, gratis mendengarkan dan unduh musik selama 7 hari;
  3. LangitMusik Premium 7 hari, bebas mendengarkan dan unduh sepuasnya dengan biaya Rp 3300 selama 7 hari;
  4. LangitMusik Premium 30 hari, bebas mendengarkan dan unduh sepuasnya dengan biaya Rp 11.000 selama 30 hari.

Sesudah menentukan pilihan, tinggal klik dan ikuti langkah selanjutnya untuk mendapatkan sms berisi username dan password. Username biasanya sama dengan nomor hp yang digunakan untuk mendaftar.

Screenshot_2015-06-14-15-40-26

Oya, jangan lupa. H-2 sebelum masa aktif berlangganan berakhir, kamu akan mendapat SMS konfirmasi mengenai perpanjangan layanan. Jika ingin melanjutkan masa aktif berlangganan, tinggal merespon SMS konfirmasi tersebut dengan membalas Y atau Ya. Dan abaikan SMS konfirmasi tersebut jika kamu ingin berhenti berlangganan.

Saatnya menjelajah!

Apa aja sih isi ‘jeroan’ aplikasi LangitMusik ini? Ada Ada LM’s Playlist, Highlights, New Releases, LM’s Pick, Popular Tracks, Popular Artists, Social Playlist, dan Mood.

Screenshot_2015-07-07-11-31-04

Screenshot_2015-07-07-11-31-21

Kamu bisa lihat isi masing-masing kategori sesuai keinginan. Kalau saya langsung kecantol sama kategori terakhir : Mood. Isinya ada beberapa sub-kategori : Party, Happy, Angry dan Galau. Hmm, pilih yang mana ya?

Screenshot_2015-07-07-11-32-31

Akhirnya saya putuskan klik ‘Galau’. Langsung deh daftar lagu-lagu galau terpilih muncul di layar. Klik ‘Manusia Bodoh’ dari Ada Band dan suara vokalisnya langsung mengalun. Saya pun terhanyut.

Screenshot_2015-07-07-11-32-44

“…tiada yang salah, hanya akuuu manusia bodooooh…”

*plak*

Aduh, maaf, jadi terbawa suasana deh. Nah, buat kamu yang barangkali lupa lirik lagu atau mungkin nggak tahu sama sekali, jangan khawatir. LangitMusik menyediakan teks lirik di setiap lagu. Asyik banget nggak sih? Bisa sekalian sing along. Mau sekalian karaoke juga bisa. Serius? Iya, serius. Caranya saya kasih tahu sebentar lagi. *belagak misterius *ditabok pembaca.

Screenshot_2015-07-07-11-44-10

Selain fitur-fitur barusan, LangitMusik masih menyimpan fitur lain yang tak kalah keren. Klik saja ‘Discover’ dan akan terlihat beberapa pilihan baru : Find, My Stream, My Music, Catalog, Promo, Karaoke, My Profile, About, dan Send Feedback. Menu ‘Find’ dipakai untuk menemukan lagu dengan mengetikkan kata kunci berupa track, album, atau nama artis. Menu ‘My Stream’ berisi kumpulan lagu-lagu yang sudah pernah kamu dengar. Menu ‘My Music’ bisa kamu pakai untuk membuat playlist sendiri. Jadi kamu bisa masukkan lagu-lagu yang kamu suka untuk didengarkan. Berikutnya menu ‘Catalog’ berisi  kumpulan lagu sesuai dengan genre musik ataupun dari mana musik itu berasal. Berikutnya menu ‘Promo’. Sesuai namanya menu ini berisi program promo dari LangitMusik buat semua pelanggan. Contoh promo adalah program ‘Upgrade Apps LM’. Dengan program ini kamu akan mendapatkan keuntungan sampai dengan tenggat waktu yang ditentukan.

Dan ini dia menu terakhir yang sejak tadi kamu tunggu-tunggu *drumroll please* : Karaoke! *musik dramatis *tebar-tebar confetti.

Screenshot_2015-06-27-15-44-16

Dengan meng-install aplikasi LangitMusik Karaoke dari Playstore atau appstore kamu bisa segera memamerkan suara ‘indahmu’ dan bernyanyi layaknya penyanyi asli. Siapa tahu ada produser musik yang mendengar dan mengajak rekaman. Bisa terkenal deh! *ngayal kayak Oppie Andaresta

Wuih, dengan bejibun keseruan yang ada dalam LangitMusik ini kamu masih ragu buat bergabung? Ter-La-Lu! 😀

”Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerja sama Langit Musik dan Warung Blogger

Iklan

5 thoughts on “LangitMusik : Cara Asyik Nikmati Musik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s