Trik Mendapat Novel Gratis dari Goodreads

download

Akhir April silam sebuah paket mendarat manis di meja kerjaku. Dalam hati aku sudah bisa menebak : Ini pasti buku! Tapi dari siapa ya?

20150505_165134

Setelah meneliti sedikit, barulah kelihatan kalau paket ini berasal dari luar negeri. Di sudut kanan atas ada tulisan dolarnya, sih. Hehe. Lumayan mahal juga ongkos kirimnya : $16,25 atau sekitar Rp 195.000. Dan ingatan langsung tertuju pada sebuah surel yang mampir ke kotak pesan pada awal Maret sebelumnya. Pemberitahuan menang gratisan novel dari Goodreads! Oh, akhirnya sampai juga. Alhamdulillah. *hmm, novel gratis lainnya kok belum nyampe, yah? Padahal pengumuman pemenangnya di bulan Januari. Barangkali penulisnya masih ngumpulin duit buat ongkos kirimnya. *positif ting ting

Ini dia penampakan bukunya beserta semacam surat pengantar dari si pengarang : Karen Dodson.

20150505_165652

Isi suratnya sekedar menceritakan secara ringkas perihal ide cerita dan proses penyusunannya. Dibubuhi dengan permintaan secara halus agar penerima memposting foto diri sedang melakukan sesuatu seperti yang dilakukan Kate, tokoh utama cerita di dalam novel: menunggang kuda, trekking, memancing atau sekedar berjalan-jalan di suasana alam. *pikir-pikir dulu ah, mau bikin foto yang gimana. :p.Β Pengarang juga mengharapkan agar penerima membuat sebuah ulasan mengenai novel ini. *semoga aku bisa ya Mbak Karen. :p

Eh, kalian mau dapatin novel gratis juga? Begini caranya.

Pertama dan yang utama adalah mendaftar. *ya iyalah! Soal tatacara registrasi ini nggak usah aku ajarin yah. Udah pada jago, lah. Nah setelah terdaftar sebagai anggota, mulai deh kamu berburu novel gratis. Klik ‘explore’ lalu klik ‘giveaway’. Atau klik tautan INI

1- Cari GA

Bakalan muncul banyak sekali pilihan giveaway yang bisa diikuti. Aku biasanya baca-baca dulu ‘sinopsisnya’. Kalau menarik baru aku lihat berapa jumlah novel yang tersedia dan sudah berapa orang yang tertarik mendapatkannya. Kalau cuma satu atau dua novel yang tersedia sementara peminatnya ratusan -bahkan ribuan!- mendingan cari yang lain. Cek juga peminat dari negara mana saja yang bisa ikutan. Kalau ada kode ‘ID’ alias Indonesia artinya kita bisa ikutan.

2 - Pilihan Buku

kode ID

Kadang ada juga pengarang dari Indonesia yang memberikan bukunya secara gratis. Kalau yang begini sih, biar cuma 1 eksemplar yang dibagikan, aku bakal tetap ikutan. Pasti peminatnya nggak terlalu banyak. Kan cuma buat penduduk Indonesia. Hehe.

country available

Sebenarnya sih ada cara gampang buat menyortir giveaway mana saja yang bisa kita ikutin. Gulir ke bagian terbawah dan klik ‘showing all ID giveaways’. Beres. Semua giveaway untuk wilayah Indonesia otomatis terpilih. Klik ‘enter to win’.

3 - Pilihan Negara

Berikutnya akan muncul tampilan seperti ini. Isikan alamat pada kotak alamat yang tersedia. Jika pada saat pendaftaran sudah mengisi alamat, tinggal klik ‘select this address’, dan secara otomatis alamat tersebut terpilih sebagai alamat pengiriman.

4 - Pilihan Alamat

Selain alamat utama, kita juga bisa memilih alamat lain sebagai alamat pengiriman hadiah. Barangkali sebagai hadiah untuk pacar, sahabat, atau gebetan. *iish, ngasih hadiah kok barang gratisan. Hehehe

6 - pilihan pengiriman

Jangan lupa untuk memberi tanda centang pada dua pilihan yang ada. Setelah itu klik ‘enter to win’. Selesai. Setelah itu akan muncul tampilan pemberitahuan sebagai berikut. Jika terpilih sebagai pemenang, kita akan dikirimi surel pada tanggal yang telah ditentukan. Setelah itu tinggal duduk manis, banyakin doa, rapal mantera dan tebar garam keberuntungan…. eh, tunggu! Kok jadi mirip ujarannya blogger yang itu? Ah, pokoknya abis klik giveaway (yang banyak) lalu lupakan. Jika beruntung, surel itu bakalan mampir juga, kok. *senyum bijak.

7 - notifikasi surel

Selamat berburu novel (gratisan), Kawans. πŸ™‚

Iklan

26 thoughts on “Trik Mendapat Novel Gratis dari Goodreads

  1. Rainie berkata:

    Saya sudah menang 3x, tapi baru menang sim pasti bakalan lama ya kirimnya, semoga aja bisa sampai kealamat saya^^ makasih ya infonya^^

  2. dika berkata:

    wahhh baru tau ada beginian, coba aahhh

    eh btw kan disitu ada permintaan seperti posting foto dan bikin review, terus kalo kita engga ngelakuin hal tersebut gimana? bukunya engga ditarik lagi kan?

  3. Fadilla Sukraina berkata:

    Jadi tinggal klik-klik doang trus nunggu keberuntungannya? Enak bgt dongπŸ˜‚

    • Attar Arya berkata:

      haha, iya. sebulan sekali, aku klik nyaris semua GA. sejauh ini udah dapat 2x. tapi baru 1 yang nyampe. alhamdulillaaahh… πŸ˜€

    • Attar Arya berkata:

      nggak pake syarat lain. tinggal klik ‘enter to win’, isi alamat, centang dua kali, submit.
      Tinggal nunggu keberuntungan datang aja. πŸ™‚

  4. @_menikdp berkata:

    aku udah pernah bang πŸ˜€ dan bikin orang rumah heran hahaha
    tapi ya gitu, dari entah berapa ratus yang diikutin, yang nyangkut cuma berapa biji hihihi :mrgreen:

    • Attar Arya berkata:

      Heran karena paketnya dari LN? Hehehe.
      Iya, namanya untung-untungan. Biasanya buka GR palingan sebulan sekali. Centang (nyaris) semua GA. Alhamdulillah nyangkut dua, walaupun yang bulan Januari belum datang juga sampai sekarang. πŸ˜€

  5. Emaknya Benjamin br. Silaen berkata:

    Selamat ya Bang Riga πŸ˜€ . Tinggal ditunggu ringkasan novelnya di posting di blog nih hehe. Oh ya kalau kirim dokumen dari Indo ke LN sekitar Rp.155rb kalau belum naik ya ga beda jauhlah dari LN ke Indo.

    • Attar Arya berkata:

      Alhamdulillahh…
      Semoga bisa selesai yah, review-nya. *bikin review novel berbahasa Indonesia aja belum pernah malah (sok) mau bikin yang berbahasa Inggris. Hehehe
      155rb lumayan juga, yah. Apalagi kalau dari Indonesia ke LN, tergantung kurs dolar juga kan, Nella?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s