[Senggang] Tabel Setoran Pajak (Dumb Version)

table_exel

sumber

Saat meneliti daftar setoran Wajib Pajak (WP) yang pembayarannya terlambat dilakukan, melintas pikiran : Ah, lebih baik daftar ini di-breakdown alias dipisah-pisah dalam beberapa sheet. Tentunya hal itu akan lebih memudahkan aku untuk meneliti masing-masing WP dan kemudian menentukan langkah apa yang akan diambil. Beberapa pilihan yang bisa dilakukan adalah menerbitkan Surat Tagihan Pajak (STP), menerbitkan Surat Himbauan, atau dibiarkan begitu saja karena jumlahnya tidak signifikan dan frekuensinya tak berulang.

Oke, 1170 baris data kalau dipisahkan paling-paling akan membentuk 30-40 sheets. Baiklah, mumpung kerjaan agak longgar, bisalah diselesaikan hari ini juga. Jadi, mulailah aku memisahkan tiap WP dari ‘daftar besar’ menjadi sheet-sheet tersendiri. Hmm, 30 sheet sudah terlampaui. Kulirik sejenak daftarnya, terlihat beberapa nama yang berderet-deret alias melakukan banyak keterlambatan penyetoran. Yah, paling mentok 50 lah, batinku.

Rupanya tebakan-demi tebakan terus meleset. 50 sheet, 60 sheet, 70, 80, 90, 100…akhirnya selesai pada sheet ke-103! Astaga! Berapa banyak waktu yang sudah kuhabiskan untuk memisahkan nama-nama mereka? Kenapa nggak dihentikan saja saat tebakan terus meleset dan beralih menggunakan fasilitas filter di microsoft excel?

Kuhela napas panjang saat nama WP terakhir kupindahkan ke sheet nomor 103. Kuklik menu simpan dan memberi nama berkas itu dengan “Tabel Setoran Pajak (Dumb Version). Versiku, maksudnya.

Iklan

6 thoughts on “[Senggang] Tabel Setoran Pajak (Dumb Version)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s