Surat Cinta tentang Kita

banner mff 2 tahun
Bocah kecil yang sama-sama kita sayangi telah menginjakkan langkahnya di tangga tahun kedua. Menggemaskan. Di usia belia dia telah melakukan banyak hal untuk kita : merekatkan persahabatan antara sekian banyak orang yang –mungkin- tak saling kenal sebelumnya, memantik ide-ide cemerlang agar keluar dari kepala dengan aneka tantangan setiap pekannya, juga mementaskan barisan (calon) penulis handal dengan karya-karya yang memesona.

Inilah dia, kesayangan kita semua : Monday Flashfiction (MFF).

Seperti cerita saya setahun lalu perihal MFF, wadah kepenulisan ini telah membawa saya pada pengalaman-pengalaman yang berharga. Pada tantangan demi tantangan terus dihadirkan demi mengasah bakat-bakat menulis yang terpendam pada tiap diri kita. Pada kesempatan untuk menjadi administrator menemani Carolina Ratri, pendiri MFF yang luar biasa militan menjaga kemeriahan grup ini agar terus terjaga di tiap harinya dengan aneka rubrik, artikel, prompt, dll.

Saya lupa kapan tepatnya ‘dilamar’ Carra sebagai admin. Yang saya ingat, saya merasa sangat terhormat mendapat kepercayaan itu. Tugas saya adalah menggawangi rubrik Sharing dan menentukan karya terpilih dari sekian cerita yang masuk tiap pekan untuk tantangan prompt. Proses menemukan karya terpilih ini bagi saya sangat menarik. Saya wajib membaca belasan (kadang puluhan) cerita ‘berdurasi’ 250 hingga 500 kata. Beberapa cerita meninggalkan kesan mendalam, beberapa lagi masih perlu banyak latihan. Nama-nama ‘baru’ berkali-kali meninggalkan sinar terang mengungguli ‘pemain lama’. Kadang saya menemukan dua atau tiga karya yang sama-sama kuat, dari segi cerita, ide, eksekusi, hingga puntiran akhir. Tak jarang saya jadi ‘galau’ dibuatnya. Saat saya merasa setiap cerita punya nilai setara, barulah penilaian subyektif yang ‘bermain’. Subjektif seperti apa? Tenang, tidak berdasarkan asas ‘kedekatan pribadi’ kok. Subyektif menurut saya seringkali berarti giliran. Jika pekan lalu karya peserta A yang terpilih, maka pada pekan berikutnya karya lain yang jadi karya terpilih. Sehingga setiap peserta punya kesempatan mendapat ‘sorotan lampu’ selama sepekan.

Belakangan, timbul ide dari admin agar karya terpilih setiap minggu dipertandingkan untuk memperoleh gelar ‘writer of the month’, sebuah sebutan yang membanggakan, ditambah lagi dengan banner cantik hasil kreasi Carra. Banner tersebut boleh dipasang di blog setiap juara terpilih. Kali ini karya terpilih ditentukan berdasarkan hasil pilihan anggota MFF lainnya. Kita sudah punya beberapa ‘writer of the month’ hingga saat ini.

Selain rubrik Sharing dan Karya Terpilih, saya mengusulkan agar diadakan rubrik baru bertajuk ‘Senin Berpuisi’. Rubrik ini dimaksudkan agar setiap anggota MFF yang gemar merangkai bunga kata menjadi rangkaian indah mempunyai kesempatan untuk menyalurkan bakat mereka. Mulailah setiap Senin beranda MFF dipenuhi kalimat-kalimat puitik yang sarat makna. Membuai rasa. Mengasah kepekaan pada kata. Sambutan dari anggota cukup menggembirakan. Semoga selanjutnya terus begitu, yah.

Di tahun kedua ini, beberapa perubahan dan perbaikan telah dilakukan oleh para admin dan segenap PIC (Person in Charge/Penanggung Jawab). Rubrik baru diadakan (FFRabu dan Book Swap), rubrik lama disegarkan dengan kehadiran PIC baru. PIC baru ini diharapkan bisa membawa ‘kesegaran’ dalam tiap sajian yang menjadi tanggung jawabnya. Rubrik Sharing sekarang digawangi Evi Sri Rezeki, rubrik Senin Berpuisi dipegang oleh Widiarsa Wuwie. Tugas saya sebagai admin mengoordinasikan para PIC dan memilih karya terbaik setiap prompt (setelah MFF Idol 2 selesai digelar). Tanpa mengurangi rasa hormat, silakan lihat nama-nama PIC lain di grup FB ya.

Akhirulkalam, harapan saya adalah agar balita kecil kita ini dapat terus tumbuh berkembang, sarat dengan ilmu, dan ramah kepada siapa saja. Merangkul siapa saja yang ingin belajar bersama. Bersama mengasah bakat –menulis- yang kita punya.

Selamat ulang tahun, Monday Flashfiction. J

Iklan

6 thoughts on “Surat Cinta tentang Kita

  1. RedCarra berkata:

    Abaaaaaaaaaang…
    *lari-lari ala pemain film Bollywood*

    Makasih yaaa, udah nemenin setahun kemarin T__T
    Semoga masih betah nemenin seterusnya.
    Amin.

    • Attar Arya berkata:

      Carraaaa…. *ikutan lari-lari *nyari pohon besar 😀

      Terima kasih udah menceburkan aku ke dalam keluarga besar yang menyenangkan ini, yah. Semoga tahun-tahun mendatang kita jadi semakin kompak. Amiinnn… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s