Selamat Ulang Tahun, AttarAndHisMind!

3 tahun blog

Selamat Ulang Tahun Blog AttarAndHisMind!

Terima kasih WordPress sudah mengingatkan. Nggak terasa hari ini usia AttarAndHisMind genap 3 tahun!. Kalau diibaratkan dengan balita, sedang lucu-lucunya, yah. Hehe. Di dalam tubuh blog sudah nangkring dengan manis 241 tulisan. Ada cerita pendek (kalau 4000-an kata masih bisa disebut sebagai cerita pendek, nggak sih? :p ), flashfiction, 111 kata, 100 kata, 50 kata (selanjutnya? 144 karakter? πŸ˜€ ), curhat-curhat, pengalaman pribadi, hingga semacam puisi (yang biasanya selesai dibuat hanya saat sedang galau).

Dalam rentang 3 tahun ini, aku sudah mencoba banyak hal. Menulis dalam berbagai genre cerita dan tema, menantang diri untuk mengikuti berbagai lomba atau giveaway dan memperoleh beberapa barang sebagai hadiah keikutsertaan, kolaborasi dengan penulis lain, hingga mencoba menulis cerita secara estafet. Beberapa cerita sudah terbit dalam bentuk antologi dan ada yang sudah dimuat di sebuah majalah berskala nasional. Puas? Tentu saja belum. Ada banyak hal lain yang ingin kuraih. Nampang di lebih banyak media nasional, ikut lomba-lomba, dan – tujuan terbesar saat ini- menerbitkan buku entah itu berupa kumpulan cerpen atau novel. Sudah ada bayangan akan seperti apa cerita novelnya, tapi belum dimulai juga pengerjaannya. Maklum sedang sibuk. *dikeplak πŸ˜€

Mengenai novel ini aku teringat sebuah janji pada Tommy Tindo, seorang karib pada tahun 2012 lalu. Saat itu dia baru saja menerbitkan sebuah novel berjudul Peneliti Harta melalui sebuah penerbit mandiri (self publishing). Dia lalu bertanya, kapan aku melakukan hal yang sama? Dengan pede saat itu kujawab, sebelum tahun ini berakhir! Yah, semua juga tahu, pada kenyataannya hingga 2014 nyaris purna, sebuah calon novel pun belum ada. Hiks… Tapi janji deh, tahun depan harus ada novel dengan nama Attar Arya mejeng di sampulnya. Amiiin.

Sedikit kilas balik tentang blog ini – semoga nggak bosan bacanya ya. Setelah menulis beberapa β€˜coretan nggak jelas’ di friendster – yang kemudian almarhum sebagai situs jejaring sosial- aku merasa malas menulis. Sempat bikin 2 akun blogspot, tapi dua-duanya tak berumur panjang. Hanya sempat bilang β€˜hi’ lalu β€˜goodbye’. Hanya ada semacam prakata lalu tiada. Kegiatan β€˜menulis’ cuma disalurkan lewat diary –uhukkk– dan celotehan di facebook. Lalu seorang teman – PramoeAga- menyemangatiku untuk mulai menulis lagi. Awalnya malas, karena terpikir : paling nanti kayak blog yang lain juga. Tapi orang ini nggak menyerah. Mengetahui aku belum juga membuat blog seperti yang aku janjikan padanya, dia berinisiatif membuatkan sebuah blog. Aku terharu melihat kegigihannya. Akhirnya satu demi satu cerita lahir dari bilik kepala dan menghiasi lembaran blog ini. AttarAndHisMind semakin hari semakin β€˜gendut’ dengan tulisan. Terima kasih, Mu. 

Awalnya blog ini sepi pengunjung. Sepiiiii sekali. Tuh, hitung aja ada berapa huruf β€˜i’-nya. Mungkin karena kurang promosi ya? Dalam sehari hanya ada 10-20 pengunjung. Itu pun setelah cerita yang aku buat β€˜kutitipkan’ di jejakubikel, sebuah blog yang menampung karya-karya penulis amatir sepertiku. Blog ini yang awalnya memacu semangatku menulis, dengan beragam tantangan tema yang disuguhkan, mulai dari tema mingguan hingga harian! Sayang, blog ini sekarang mati suri. Postingan terakhir bertanggal 12 Desember 2010. Hiks..

Selanjutnya di tahun 2013 aku mulai aktif menulis lagi setelah dikenalkan dengan Berani Cerita. Mirip dengan jejakubikel, Berani Cerita memberikan tantangan mingguan kepada anggotanya dengan β€˜iming-iming’ sebuah banner. Walau cuma banner, aku selalu bersemangat ikut. Beberapa kali ceritaku terpilih sebagai favorit hingga mendapatkan banner β€˜special award’. Sayang, blog ini juga ‘tiarap’ sejak awal tahun ini.

Nyaris berbarengan dengan aktifnya aku di Berani Cerita, seorang teman lain mengajakku bergabung di MondayFlashfiction (MFF). Grup menulis ini adalah tempat imajinasiku bermain setiap pekannya. Beragam tantangan dilemparkan, dan nyaris selalu ditanggapi dengan gempita. Selain lewat blog, interaksi antaranggota berlangsung intens lewat grup facebook bernama sama. Bermula dari status anggota biasa hingga sekarang dipercaya sebagai salah satu admin. MFF adalah keluarga tempat saling berbagi dan menyemangati. MFF tak hanya memberikan tantangan menulis setiap minggunya, tapi lebih dari itu, MFF punya beragam rubrik seputar menulis. Silakan mampir untuk informasi lebih lanjut ya.

Akhir kata, terima kasih telah sudi berkunjung ke AttarAndHisMind dan menikmati tulisan-tulisan di dalamnya. Aku sangat menghargai setiap komentar yang masuk : entah itu pujian, kritik, bahkan makian. Semua jadi sarana peningkatan kemampuan menulis ke depan. Salam. 

Sssst, a giveaway is on the way. πŸ˜‰

Iklan

24 thoughts on “Selamat Ulang Tahun, AttarAndHisMind!

  1. chocoVanilla berkata:

    HBD blog, Baaaannngg….. tahukah kau Bang, blog ini adalah satu dari sedikiiiit (tak ada hitungan jari sebelah tangan) yang aku ikuti. Hanya saja aku jarang komen karena biasa baca pakai ponsel πŸ˜›

    Sukses Bang, aku tunggu novelnyaaa.. .ayok duluan siapa ama aku :mrgreen: (hahahahaha nantangin biar semangat πŸ˜› )

  2. Ie berkata:

    ya permisi… siapa mau ubi… ya yang ulang tahun… yang ulang tahun…

    terus berkarya ya bang!

    aku dukung deh!

    sebagai pembaca setia…

    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  3. Anggun berkata:

    Selamat ulang tahuuuunn! Traktir aku laptop baru dong bang *ngelunjak* πŸ˜€

    Ayo semangat bikin novel dan cerpennya! Sukses terus!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s