[Cerita Hati] Menang #FF2in1!

Menang FF2in1

Yang namanya kemenangan, sekecil apa pun tetap harus dihargai bukan? Dijadikan sebagai pemicu dan pemacu semangat menulis. Kemenangan, entah itu sekedar banner, hadiah pulsa, sebuah buku, atau sejumlah uang adalah hal yang menyenangkan. Sebuah pencapaian yang patut disyukuri.

Pekan lalu secara iseng aku ikutan ajang #FF2in1 yang diadakan oleh NulisBuku.com. Yah, nggak sepenuhnya iseng sih. Karena kebetulan waktunya ada, laptop juga ada (pinjam teman :p ) dan (yang terpenting) idenya ada maka aku ikutan.

Ini kali kedua aku ikutan tantangan ini. Sekitar setahun lalu aku ikut dan membuat dua buah cerita. Tapi kala itu aku masih belum mengerti ‘apa maunya’ admin NulisBuku. Alih-alih membuat cerita yang meremaja/dewasa, aku malah membuat cerita anak bertema kodok. Sudah begitu, ceritanya bersambung pula. Hahaha.

#FF2in1 itu sendiri adalah tantangan menulis dua buah cerita dalam waktu 1 jam. Jadi, sebuah cerita harus diselesaikan (dan ditayangkan di blog) dalam rentang waktu 30 menit saja. Malam itu aku berhasil membuat dua buah flashfiction yang disesuaikan dengan tema. (ya, iyalah!)

Yang paling bikin deg-degan saat membuat 2 buah cerita dalam 1 jam bukanlah menyelesaikannya tepat waktu. Koneksi internet adalah hal paling krusial. Percuma saja kan berhasil bikin cerita tapi nggak bisa tayang di blog (lalu tautannya disertakan di page NulisBuku)?

Oh, ya, ada sedikit masukan sih buat admin NulisBuku. Seringkali tema yang diberikan berupa videoklip. Untuk calon peserta yang memiliki koneksi lancar, membuka video dan melihat isinya -sebagai inspirasi menulis- barangkali bukan hal yang sulit. Tapi bagi mereka yang tinggal di daerah miskin sinyal, hal tersebut bisa jadi sangat menyulitkan. Trik yang biasa aku terapkan adalah mencari tahu apa lirik lagu tersebut, tanpa harus melihat isi videonya. Atau bila video yang dijadikan tema adalah instrumentalia seperti tema kedua malam itu lagu milik Richard Clayderman berjudul Ballade Pour Adelline, aku cukup membuka Wikipedia dan mengulik tentang apa sebenarnya musik itu. Ternyata lagu itu dibuat sebagai penghormatan untuk anak perempuannya yang baru lahir (sumber : wikipedia)

Jadi, untuk tema pertama, cerita yang kubuat berjudul ‘Janji Sang Presiden’. Cerita ini dibuat berdasarkan lagunya Iwan Fals bertajuk ‘Manusia Setengah Dewa’. Untuk tema kedua, cerita yang kubuat berjudul ‘Denting untuk Anakku’. Dan hasilnya…. taraaa… cerita ‘Denting’ terpilih sebagai pemenang. Horee! Dapat voucher senilai Rp.50.000,-.

Minggu depan ikutan lagi, ah.. πŸ™‚

Iklan

12 thoughts on “[Cerita Hati] Menang #FF2in1!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s