[Cerita Hati] Semua Sudah Ada Jalannya

semua ada jalannya

Semua memang sudah ada jalannya. Sering sekali saya dengar kalimat serupa ini. Bahwa apa pun yang terjadi sudah diatur oleh Yang Mahakuasa. Kadang kita terlalu menyesali apa yang terjadi, padahal ada hikmah yang besar di balik setiap kejadian.

Awal bulan lalu saya pernah menulis perihal penyesalan saya karena keliru log in situs kementerian yang berakibat seorang saudara tidak bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS di daerah Kab. Aceh Singkil. Selama beberapa hari kesilapan itu membebani pikiran. Apakah saya sudah ‘menghambat’ jalan seseorang? Bagaimana jika hal itu berpengaruh pada kehidupan dia berikutnya?

Ternyata benar semua sudah ada jalannya. Dalam salah satu poin penjelasan di situs penerimaan disebutkan bahwa yang diutamakan adalah pelamar yang memiliki Kartu Tanda Penduduk setempat. Semula saudara saya berpikir bahwa masih ada kesempatan untuk mendaftar dan kemudian bekerja di daerah sana. Toh, itu bukan syarat ‘mutlak’, hanya ‘lebih diutamakan’. Ternyata dalam praktiknya syarat ini benar-benar diterapkan, sehingga kesempatan bagi pelamar dari luar daerah sangat kecil.

Kemudian kami berdua mulai mengalkulasi biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti seleksi penerimaan ini. Untuk lokasi ujian memang bisa dipilih tempat yang lebih dekat yaitu di sekitaran Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Tapi tetap saja harus menyerahkan berkas kepada panitia setempat. Ongkos Lhokseumawe – Medan – Aceh Singkil menghabiskan sekitar 250 ribu untuk sekali jalan dengan total waktu perjalanan sekitar 15-16 jam. Kalikan 2 saja untuk perjalanan kembali. Belum lagi biaya hidup minimal selama dua hari di sana. Ditambah dengan rasa lelah dalam perjalanan pergi – pulang. Semua pengorbanan itu (jika dilakukan) rasanya sia-sia jika sejak awal sudah diketahui bahwa panitia lebih memprioritaskan putra daerah.

Sesudah mengetahui hal ini, beban di benak saya jadi berkurang dan saudara saya itu juga tidak mempermasalahkan. Barangkali memang bukan jalannya untuk mengadu nasib di Aceh Singkil. Semoga bertemu kesempatan yang lebih baik. Amiin…

Iklan

13 thoughts on “[Cerita Hati] Semua Sudah Ada Jalannya

  1. Akbar Maulana berkata:

    Memang benar sekali semua sudah ada jalannya , jika kita terus mensyukuri apa yang sudah menjadi jalannya , maka kita semua akan mendapatkan ketenangan hati. betul tidak bang attar arya 🙂 ?

  2. jampang berkata:

    perjuangan yang berat. pernah punya teman yang coba menguji nasib ikut tes PNS di jakarta. bolak-balik dari tempat tinggalnya beberapa kali. biaya yang dikeluarkan juga lumayan. tapi akhirnya gagal. dan sekarang dapat pekerjaan di daerah tempat tinggalnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s