A Very Helpful Partner : Nokia Lumia 1520

Kenalin, saya Riga seorang Account Representative di sebuah kantor pajak yang berada di Aceh. Sudah pada tahu apa itu Account Representative atau biasa disingkat jadi AR? Jadi ringkasnya, AR ini bertugas melayani semua kebutuhan perpajakan Wajib Pajak (WP) dan sebagai perantara negara dan WP. AR juga diberikan target mengumpulkan penerimaan negara berdasarkan proporsi wilayah kerja dan jumlah WP yang ditangani.

tax

Berdasarkan ‘lokasi’ kerjanya, AR harus bisa membagi waktu untuk ‘bekerja di luar’ dan ‘bekerja di dalam’. Maksudnya apa tuh? Artinya pada suatu waktu dia berkewajiban melakukan pekerjaan di dalam kantor misalnya mengerjakan laporan, membuat surat himbauan ke WP, mengikuti rapat, melayani konsultasi WP dan lain lain. Selain itu dia juga punya pekerjaan untuk ‘keluar kantor’ yaitu mengunjungi WP di lokasi usaha, lazim disebut visit, dan mengikuti rapat kerja di Kantor Wilayah. Ada juga tugas lain yaitu mengikuti beragam sosialiasi untuk meningkatkan kapasitas sebagai AR.

Banyak juga yah?

Untuk mengorganisir semua kegiatan yang (rasanya) seabrek itu saya perlu ‘teman’ yang ‘cerdas’. Teman yang bisa membantu saya melakukan beragam tugas, memudahkan pekerjaan, dan menghibur di kala saya butuh. Upps, jangan keburu menyangka yang tidak-tidak yah. Teman yang saya maksud ini adalah sebuah smartphone.

Kenapa mesti smartphone? Kenapa tidak sebuah agenda saja?

Wah, di jaman serbacanggih ini sebuah agenda sudah tidak memadai lagi dalam mendukung mobilitas kerja. Mencatat janji pertemuan, membalas surat elektronik (surel), tugas dari atasan, jadwal laporan, dan sebagainya harus dengan smartphone. Semua fungsi pendukung yang dibutuhkan itu saya temukan pada Nokia Lumia 1520. Melalui fitur Live Tiles yang dimiliki Nolia Lumia 1520, saya tetap bisa mengecek surel berisi tugas yang dikirimkan atasan, jadwal tugas, catatan penting, atau pertanyaan konsultasi dari Wajib Pajak. Semua bisa saya handle bahkan pada saat saya tidak berada di kantor karena sedang melakukan kunjungan kerja atau mengikuti rapat koordinasi di Kantor Wilayah. Asyiknya lagi, surat-surat elektronik itu bisa saya cek tanpa perlu membuka alamat surel. Cukup dengan melihat pembaruan Live Tiles yang ada di homescreen.

Jika dalam surel yang dikirimkan itu ada pekerjaan yang mendesak untuk segera diselesaikan, cukup menggunakan Microsoft Office, yang bisa digunakan membuat dan mengedit aneka jenis dokumen. Entah itu sekedar Word, Excel, atau Powerpoint. Voila! Dalam perjalanan sekali pun, beragam tugas bisa dikerjakan. Selain itu penyimpanan dan akses ke berkas penting dapat dengan mudah disinkronisasikan melalui fitur OneDrive.

Nokia-Lumia-1520-with-Microsoft-Office

Live Tiles juga bisa dikustomisasi sesuai karakter masing-masing. Kotak-kotak yang tersedia bisa diisi dengan notifikasi berita, pembaruan status media sosial, atau notifikasi penting lainnya. Kotak-kotak Live Tiles bisa diatur warnanya, ukurannya, dan penempatannya. Benar-benar bisa disesuaikan dengan karakter dan kepribadian masing-masing pengguna. Karena saya orangnya kalem (kata saya sih, entah kalau kata orang, hehe) saya lebih menyukai penempatan tiles yang tidak terlalu ramai, hanya beberapa tiles berukuran sedang untuk notifikasi-notifikasi penting.

Saat senggang atau sedang bekerja, saya bisa menggunakan aneka fitur menarik Nokia Lumia 1520 lainnya. Yang paling sering saya pakai antara lain kamera, aplikasi media sosial PeopleHub, aplikasi streaming musik gratis MixRadio dan HereMaps. Kamera 20 MP yang dilengkapi dengan Carl Zeiss optical dan autofokus jadi andalan saya dalam menangkap momen menarik. Senja adalah objek favorit saya. Ada semacam kepuasan tersendiri saat lensa kamera menghasilkan gambar yang senyata aslinya. Selesai dipotret, foto-foto senja itu bisa langsung saya share di media sosial. Oh ya dengan PeopleHub saya bisa mengintegrasikan beberapa akun media sosial milik sekaligus. Asyik kan, tidak perlu membuka satu per satu akun media sosial saya sudah bisa melihat semua informasi yang dibagikan teman dalam akun Line, Facebook, serta Twitter milik saya.

Aplikasi berikutnya dalam Nokia Lumia 1520 yang menjadi favorit saya adalah MixRadio, aplikasi streaming musik gratis. Dengan MixRadio saya bisa mendengarkan hingga jutaan lagu secara gratis. Apa? Jutaan? Yup, kamu nggak salah baca. Ada jutaan lagu yang bisa distreaming secara gratis. Saya ulangi lagi, GRATIS. Hebat, kan? Sangat membantu saat sedang jenuh dengan pekerjaan, atau saat ingin sedikit bersantai dalam perjalanan menuju lokasi Wajib Pajak yang cukup jauh.

Nokia-Lumia-1520-has-20-MP-Pureview-Camera

Dan yang yang tak kalah pentingnya adalah aplikasi HereMaps. Saat mencari alamat Wajib Pajak di Medan atau Banda Aceh, misalnya, saya bisa mengandalkan keakuratan peta yang ditawarkan Nokia Lumia 1520. Saya tidak perlu lagi menepikan mobil hanya untuk menanyakan arah pada orang. Cukup aktifkan aplikasi ini, lalu sesuaikan dengan alamat yang tertera pada basis data Wajib Pajak. Ketemu, deh!
Nokia Lumia 1520 benar-benar teman yang bisa diandalkan. A very helpful smartphone!

me and lumia

Iklan

16 thoughts on “A Very Helpful Partner : Nokia Lumia 1520

  1. @_menikdp berkata:

    hoaaaa baru tau nih tampang si abang saat narsis 😛

    waaaah, tampilan blognya baru ni ye 😛

    ehem, sekian lama saya mempunyai seorang kakak yang juga pegawai pajak (dan sepertinya jabatannya sama atau mungkin setingkat di atasnya, saya lupa euy), baru ngeh kalo AR tuh kependekan dari Account Representative 😆 *adek durhaka*

    maap bang komennya beruntun hihihi :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s