[Cerita Hati] Jidat Gatot Subroto

jidat

sumber

Saya ingat dulu saat masih kanak-kanak, saya dan teman-teman seringkali mendapat sebuah julukan dari teman yang lain. Kadang-kadang julukan yang didapat berdasarkan kondisi anak tersebut semisal si cungkring karena tubuhnya kurus, si botak karena saat itu kepalanya plontos atau si ompong karena…ya tahu sendiri lah. Tapi kadang julukan itu sama sekali tak bisa dimengerti dari mana asalnya.

Yang paling saya ingat, ada seorang teman mendapat nama “tukik” dilafalkan dengan “tuk” dan “ik”. Entah siapa yang mulai, akhirnya panggilan itu melekat hingga sekarang. Padahal nama aslinya cukup bagus : Rully.

Sekali waktu saya pernah bertanya, “Suka nggak sih dengan nama (panggilan) itu?”
Dia menjawab dengan nada pasrah,”Ya nggak suka, ‘kan jelek. Tapi mau gimana lagi, kalian disuruh panggil nama asli nggak mau.”

Deg!

Saya jadi merasa bersalah sebelum ini sering memanggilnya dengan sebutan yang sebenarnya dia benci.

Beranjak dewasa, perilaku yang sama ternyata masih tetap ada di sekitar saya. Di kantor seorang teman sesekali disebut “kakek” karena wajahnya dianggap tua. Seorang teman lain dipanggil “gandeng” karena tubuhnya besar, diasosiasikan dengan truk. Astaga! Saya tidak tahu apakah mereka menerima saja julukan itu atau masih menyimpan kesal tiap ada yang memanggilnya seperti itu, atau justru sudah tak peduli.

Ah, saya jadi ingat betapa marahnya dulu dipanggil “gatot”. Teman-teman menjuluki saya sebab jidat saya tergolong lebar. Setiap kali saya marah, serempak mereka menuding gambar pahlawan Jenderal Gatot Subroto yang memang memiliki dahi lebar. Hmm, semestinya sih saya nggak marah ya. Beliau kan termasuk salah satu pahlawan bangsa. Berjasa bagi negara. Ah, bisa jadi saat itu teman-teman sedang mendoakan saya agar bisa berjasa bagi bangsa seperti Jenderal Gatot Subroto.
Boleh ikut aminkan doa teman-teman saya dahulu? 🙂

Iklan

6 thoughts on “[Cerita Hati] Jidat Gatot Subroto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s